Umrah Bersama Rinaldy, KAUST Fellows..

Umrah Bersama Rinaldy, KAUST Fellows..

Sudah di penghujung 2013, berarti saya sudah sekitar 2 tahun kembali ke tanah air. Masih segar dalam ingatan, akhir Desember 2011 back for good dari KAUST. Sebelum pulang, umrah perpisahan, saya mengucapkan tiga doa. Alhamdulillah dua dari tiga doa tersebut dikabulkan oleh Allah swt. Berarti sekarang tinggal yang ketiga. Saya percaya Allah swt. akan memberikan hambaNya yang terbaik pada saat yang tepat. Somehow, saya merasa tahun 2014 ini adalah saat yang tepat. Just feeling. Memangnya apa sih ketiga doa tersebut?

Honey Moon in SG

Honey Moon in SG

Doa pertama, saya minta diberikan jodoh seorang wanita sholehah dan dapat segera menikah. Waktu itu memang merasa sudah siap dengan izin Allah..

Alhamdulillah diberikan yang menyejukkan mata dan hati. Semakin hari, semakin mendapat tambahan alasan mengapa dia yang terbaik menjadi istri saya..

Dan ada bonusnya, sekarang sudah dikaruniai seorang anak laki-laki yang lucu dan sehat. Selain itu, bersyukur sekali kami sudah punya tempat tinggal dan kendaraan atas nama sendiri, ya walaupun masih nyicil 🙂

Rumah tangga kami tenteram dan bahagia, ada beda pendapat dan friksi kecil itu biasa. Semua disikapi dengan lebih dewasa dan bijaksana. Dua keluarga sudah saling menyatu. Semoga keberkahan Allah selalu terlimpah..

Wet Lab Bioinformatics @ YARSI Genetics Research Center

Wet Lab Bioinformatics @ YARSI Genetics Research Center

Doa kedua, saya minta diberikan jalan untuk mengamalkan ilmu yang saya dapat di KAUST untuk bisa bermanfaat di tanah air. Ini penting, buat apa belajar jauh-jauh kalau ilmunya tidak bisa dimanfaatkan di negeri sendiri..

Alhamdulillah, saya dipertemukan dengan Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI (FTI YARSI). Kebetulan waktu mereka sedang ada open position untuk full time faculty member atau dosen tetap..

Di YARSI ini saya berkesempatan untuk menerapkan research interest saya, yaitu data mining, machine learning, dan artificial intelligence untuk diaplikasikan pada domain kesehatan yang memang menjadi unggulan YARSI. Jadilah sesuatu yang kita sebut sebagai E-HEALTH. Bahagia rasanya bisa menerapkan expertise kita pada real world problems..

Sebulan saya bekerja di YARSI, saya diangkat menjadi dosen tetap. Mata kuliah yang saya ajarkan empat semester terakhir antara lain: data mining, decision support systems (DSS), artiificial neural networks (JST), matematika diskrit, and artificial intelligence. Sekitar empat bulan bekerja, saya ditunjuk menjadi Kepala YARSI E-Health Research Center (YEHRC)..

Nanti perlu dibuat tulisan khusus untuk pengalaman saya selama di YARSI. Mungkin momennya ketika tepat dua tahun, jadi judulnya seperti “Refleksi Dua Tahun Mendosen.” Haha, klise banget..

Doa ketiga… hmm, what is my third wish? Belum terkabul tapi saya optimis ini hanya soal waktu. Saya selalu berprasangka baik Allah akan menjawab doa saya ini. Bahkan memberikan yang jauh lebih baik (bonus tambahan) seperti Dia mengabulkan dua doa saya sebelumnya..

Supaya lebih seru, lebih baik kita keep secret dulu saja. Target saya, idealnya ini bisa tercapai maksimal pada 2015. Namun, Allah Maha Mengetahui bagaimana yang terbaik untuk saya..

Sekarang saya berusaha optimal supaya ini bisa tercapai pada 2014. Dan seperti yang telah saya tuliskan di awal, saya ada feeling yang kuat bahwa Allah akan memberikan saya pada 2014 ini. I have a feeling, that this following year will be the time..

Sekali lagi, just feeling 🙂

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (Al-Baqarah:186)

Bekasi, 1 Januari 2014